Home » » Serangan Packet Sniffing, Cara Kerja Beserta Cara Mengatasinya

Serangan Packet Sniffing, Cara Kerja Beserta Cara Mengatasinya


Packet Sniffing adalah sebuah teknik pencurian data yang dilakukan dengan cara memonitoring atau melakukan analisis terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server. Tool yang biasa digunakan untuk melakukan teknik packet sniffing ini biasanya adalah Wireshark dan Netcut. Packet sniffing ini biasanya dilakukan oleh para hacker atau penyusup yang berbahaya untuk melakukan tindakan yang dilarang seperti mencuri password, dan pengambilan data-data penting lainnya.
Kemudian untuk cara kerja dari packet sniffing dibagi menjadi 3 yaitu collecting, conversion, analysis, dan pencurian data. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Collecting
Cara kerja yang pertama dari packet sniffing adalah merubah interface yang digunakan menjadi "promicius mode", dan mulai mengumpulkan atau mengelompokkan semua paket data yang lewat melalui jaringan dalam bentuk raw binary.
2. Conversion
Cara kedua adalah mengkonversi atau merubah data yang berbentuk binary kedalam data yang mudah dibaca atau mudah dipahami.
3. Analysis
Cara kerja ketiga adalah dimana betuk data tersebut diklasifikasikan kedalam blok-blok protocol berdasarkan sumber dari transmisi data tersebut baik berupa tcp, udp dan lain-lain.

4. Pengambilan atau Pencurian Data
Cara kerja yang terakhir adalah setelah melakukan klasifikasi terhadap data-data yang telah dikirim, maka hacker atau penyusup melakukan pencurian data. 
  
Sedangkan untuk menangani atau mengatasi packet sniffing ini sendiri adalah melakukan enkripsi atau penyandian data yang ingin dikirim melalui jaringan.

Sumber: Nik Mang. 2012. Bagaimana Packet Sniffer Bekerja. (Online) http://mangnik.blogspot.com/2012/01/bagaiman-packet-sniffer-bekerja.html. Diakses : 21 Mei 2015.

3 komentar:

  1. Your article is very good.
    I also have the same article about sesion hijacking and maybe my article can help about sesion hijacking session

    http://tutorialku.xyz/pengertian-dan-tutorial-sesion-hijacking-untuk-masuk-website-tanpa-username-dan-pasword/?preview=true

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Mohamad Zulkifli. Diberdayakan oleh Blogger.